Rabu, 12 September 2012

Arti Dan Tata Cara Salam Pramuka


Apa Itu Salam Pramuka

salam pramuka

Salam Pramuka adalah salam yang harus dipahami oleh setiap anggota pramuka, ada salam yang ditujukan untuk sesama anggota pramuka sederajat, ada salam yang ditujukan kepada anggota pramuka yang lebih dewasa seperti pelatih, pembina dll. 


Salam dalam Pramuka di bagi menjadi tiga yaitu :


1.Salam biasa

Yaitu salam yang diberikan kepada sesama anggota Pramuka. Siapa yang melihat dulu dialah yang harus memberi salam terlebih dahulu tanpa aba-aba, tidak pandang pangkat, tua maupun muda. Salam tersebut dapat diberikan sambil berjalan, sedang duduk, naik sepeda ataupun kendaraan. Jadi tidak harus berdiri. Tujuan dari salam ini adalah untuk terus meningkatkan tali persaudaraan antara anggota pramuka, serta meningkatkan rasa hormat kepada anggota pramuka yang lebih dewasa. 




2.Salam hormat

Yaitu salam yang diberikan kepada seseorang atau sesuatu yang kedudukannya lebih tinggi. Seperti pada acara seorang Pembina, Kamabigus Kamabiran dll. bisa diberikan pada saat yang tidak formal, ataupun saat acara formal upacara misalnya. selain kepada seorang pramuka yang lebih tinggi jabatannya, salam hormat juga diberikan kepada benda selain manusia. antara lain :

Untuk salam hormat diberikan kepada :

* Bendera kebangsaan ketika dikibarkan atau diturunkan dalam suatu upacara.
* Jenazah yang sedang lewat atau akan dimakamkan.
* Kepala Negara atau wakilnya, Panglima tinggi, para duta besar, para menteri dan pejabat lainnya.
* Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

3. Salam janji

Yaitu salam yang dilakukan ketika ada anggota Pramuka yang sedang dilantik. Pemberian salam pramuka dilakukan ketika dilakukan pengucapan janji yaitu Tri Satya atau Dwi Satya. Salam janji juga diberikan pada saat pengucapan janji Trisatya dalam acara Ulang Janji.



Cara memberikan salam pramuka

* Posisi siap, tangan kiri lurus ke bawah tangan kanan diangkat pada pelipis, posisi telapak tangan miring, telapak tangan terbuka, punggung tangan di bagian atas.
* Ketika membawa tongkat; tongkat diangkat dengan tangan kanan dan tangan kiri melintang di depan dada.
* Untuk salam penghormatan kepada Bendera merah putih, ketika membawa tongkat, tongkat di pindah ke tangan kiri, dengan ujung tongkat masih tetap di depan kaki kanan, dan tangan kanan diangkat pada pelipis, seperti pada posisi ketika tidak membawa tongkat.
* Dalam keadaan yang tidak memungkinkan (dalam keadaan duduk atau di atas kendaraan), salam pramuka dapat diberikan hanya dengan mengangkat tangan pada pelipis sambil mengucapkan "Salam Pramuka" dan tanpa perlu berdiri


Jika dilihat dari caranya bisa kita artikan bahwa untuk meningkat kehusyuan pada saat mengucapkan janji. dan bentuk-bentuk seperti ini biasanya memang sering digunakan untuk sebuah acara sakrak keanggotaan sebuah organisasi. 

Ketentuan salam pramuka

Salam pramuka memiliki cara dan aturan dalam memberikan dan membalas salam dari anggota pramuka lain, ketentuan itu sebagai berikut :

Pada dasarnya sering kita temui salam pramuka diberikan dalam keadaan dan posisi badan tegap lurus atau posisi sikap sempurna. Dengan seperti sedang hormat yakni tangan kanan di pelipis dan sedikit dimiringkan sehingga bagian telapak tangan tidak tampak dari bagian depan, serta tangan kiri lurus dibagian kiri badan. Cara menggenggam tangan yakni ibu jari lurus didepan tidak berada dibagian dalam tangan.

Dalam keadaaan duduk, salam pramuka tidak hanya diberikan pada saat berdiri, tapi pada saat duduk juga. Itu memang tidak menjadi masalah, sama seperti salam pramuka pada saat sikap sempurna tangan yang memberikan salam pramuka haruslah tangan kanan dengan diangkat pada pelipis serta sedikit dimiringkan, namun tangan kiri letakkan diatas kaki yang sedang duduk. Sehingga tampak sebuah kedisiplinan yang muncul dari salam pramuka tersebut.

Salam pramuka yang tidak dalam keadaan formal mungkin saat sedang berjalan sedang dudulk dikursi, salam dalam keadaan seperti ini biasanya adalah salam biasa, jika sedang berjalan bisa langsung mengangkat tangan kanan yang terkepal dan mengucapkan Kata ‘Salam pramuka’. Mengucapkannya pun harus dengan suara yang lantang dan tidak terkesan malas.

Nah lain halnya pada saat memberikan salam janji, pada salam yang satu ini tidak perlu mengucapkan kata “salam pramuka” karena biasanya ada janji, atau kalimat yang dibacakan, semisal janji jabatan, janji / sandi ambalan dan lain sebagainya.

Salam pramuka ini akan sangat sering ditemukan jika kita mengikuti kegiatan kepramukaan, jadi perlu diketahui memberikan dan membalas salam janji hukumnya adalah wajib bagi setiap anggota pramuka alasannya untuk.

  • meningkatkan keramahtamahan
  •  meningkatkan rasa hormat
  •  mengingkatkan kedisiplinan
  • meningkatkan rasa persaudaraan sesama anggota gerakan pramuka.


Saya rasa cukup ini bahasan yang dapat saya berikan kepada adik-adik atau kakak kakak sekalian berkaitan dengan materi salam pramuka, arti salam pramuka, tujuan adanya salam pramuka, cara memberikan dan membalas salam pramuka, semoga kedepannya kita sebagai anggota pramuka dapat terus aktif dan membangun indonesia serta pramuka menjadi lebih baik, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan tentunya, salah satunya dengan membiasakan diri untuk memberikan salam pramuka yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar