Sabtu, 07 Mei 2016

3 Lagu Panbers Paling Hist Sepanjang Masa

Lagu Panbers Paling Hist Sepanjang Masa – panbers atau singkatan dari panjaitan bersaudara, sebauh kelompok musik yang terbentuk pada tahun 1969 di Surabaya. Panbers sudah banyak banyak sekali menciptakan dan mempopulerkan lagu-lagu mereka ada sekitar 700 lagu dalam puluhan album yang mereka ciptakan. Banyak juga penghargaan yang sudah mereka dapatkan salah satunya Band Favorit acara Kamera Ria TVRI tahun 1972, dan masih banyak lagi prestasi yang sudah mereka ukir di tahun-tahun keemasan mereka yakni pada Era 1970 – 1990 an.

3 Lagu Panbers Paling Hist Sepanjang Masa


Sebelum kita akan membahas lagu-lagu Panbers yang paling hits sepanjang masa sebelum untuk yang belum mengenal siapa saja para personil awal panbers ini, mungkin bagi yang lahir ditahun 95 keatas agak kurang paham dengan band legendaris ini. Tapi untuk yang lahir pada tahun 70, 80 an pasti sudah tidak asing dengan Panbers yah... Personil panbers antara lain : Hans Panjaitan pada lead gitar, Benny Panjaitan sebagai Vokal dan Rhythm gitar, Asido Panjaita pada Drum, serta Doan Panjaitan pada Bass dan Keyboard. Mereka berempat ini adalah putra dari pasangan Drs. J.M.M. Pandjaitan, S.H, (Alm) dengan Bosani S.O. Sitompul.

Dapat dikatakan Panbers bisa meraih kejayaannya adalah faktor termotivasi oleh munculnya band Koeswoyo Bersaudara yang akhirnya berganti nama menjadi KOES PLUS yang pada tahun 60-an menaikkan nama mereka ke kancah musik tanah air. Kemudian mengikuti jejak KOES PLUS, Panbers pada tahun 70-an pun ikut menggapai mimpi-mimpi sebagai Band papan atas di Indonesia. Mengusung aliran Pop, Rock and roll, blues, keroncong dibalut dengan lagu-lagu cinta yang syahdu akhirnya mengantar mereka hingga disejajarkan dengan Koes Plus sebagai senior mereka.

Pada masa itu ada Rhoma Irama yang juga sedang naik daun dengan musik dangdutnya bersama soneta, serta God Bless pada musik Rock.

Oke sekarang kita bahas lagu-lagu panbers yang paling hits sampai sekarang, di era modern ini tidak sedikit kita dengar dalam sebuah acara baik itu pernikahan, reuni-reuni, acara non formal pemerintahan, dll sering kita dengar lagu-lagu yang dipopulerkan oleh panbers masih dilantunkan dengan begitu apiknya. Ada 3 lagu panbers yang sangat populer antara lain :

  • Gereja Tua


Lagu gereja tua ini menceritakan sosok yang sudah sangat rindu akan kekasih masa remajanya. Dalam lagu itu diceritakan bagaimana kenangan penyanyi dengan kekasihnya sewaktu didesa, dimana mereka sering bercanda bersama di sebuah gereja tua. Hingga kini telah sepuluh tahun sejak itu mereka tidak pernah bertemu kembali.

Kenangan yang diceritakan di lagu itu adalah ketika mereka berteduh dibawah atap gereja karena hujan yang sedang turun. Si penyanyi hanyalah ingin bertemu dengan sang pasangannya dimasa lalu, tidak peduli walau dia kini telah memiliki pasangan.

  • Telambat Sudah


Lagu yang tempinya cukup tinggi ini sangat sering dinyanyikan oleh orang-orang pada masa sekarang, mungkin karena lagu ini sarat dengan makna sebuah cerita sedih seorang yang sudah pernah ditinggalkan oleh kekasih masa lalu. Namun kekasihnya kembali dan menawarkan cinta, namun sang penyair sudah memiliki kekasih yang baru.

Lirik.

terlambat sudah kau datang padaku
setelahku dapatkan penggantimu
kini hatiku tertutup untukmu
cukup sudah penderitaanku.

mengapa dulu kau tinggalkan diriku
tanpa pesan apapun padaku
kala itu sedang tumbuh
kau biarkan menjadi layu

kini kau datang lagi padaku
setelah kau siksa diriku
terlambat sudah, terlambat sudah
semuanya tlah berlalu.

mengapa dulu kau tinggalkan diriku
tanpa pesan apapun padaku
kala itu cintaku sedang tumbuh
kau biarkan menjadi layu.

Dilagu ini ia mempertanyakan mengapa pada waktu itu kekasihnya meninggalkan dia ketika cintanya sedang tumbuh, dan dibiarkan menjadi layu. Namun semua itu sudah terlambat semua sudah berlalu. Cukup berkesan lagu ini jika dinyanyikan dengan penghayatan yang tinggi akan membuat pendengar mungkin akan masuk dalam imajinasi lagu yang membuat siapapu akan merasakan sakit yang dirasakan penyair dalam lagunya.

  • Cinta Dan Permata


Cinta dan permata adalah lagu yang penuh dengan sebuah nasihat, lagu ini pun menceritakan seorang yang sedang patah hatinya. Karna dilupakan oleh kekasihnya yang diibaratkan dengan hilang embun pagi, ia menyadari cinta takkan selamanya bersatu.

Mengarungi samudra cinta
Bukanlah hal yang biasa
Tak semudah mengucapkan janji
Harta adalah hiasan hidup semata
Kejujuran, keikhlasan itu yang utama
Jangan kau taburi cinta dengan permata
Tetapi hujanilah semua dengan kasih sayang.

Itu adalah penggalan lagu cinta dan permata dilagu ini penyair ingin memberikan nasihat harta bukanlah segalanya dalam cinta dan rumah tangga, itu hanyalah hiasan hidup semata. Semoga bukan hanya sekedar lagu tapi menjadi bahan introspeksi bagi kita dalam menjalani hidup ini.

Boleh deh buat sobat sekalian yang masih muda untuk menghafalkan lagu-lagu dari Panbers ini, gak akan dibilang nora ko sobat malah keren kita menjadi salah satu elemen masyarakat yang terus melestarikan lagu-lagu indonesia yang masih hits sejak awal tahun 70-an hingga kini.
Semoga menambah wawasan kita semua yah..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar